99judiqq
99judiqq - Trend mencari pekerjaan biasanya yang paling banyak dicari adalah posisi jabatan, besaran gaji, tunjangan dan pensiun.
Semuanya bermuara satu hal yaitu tentang uang.
Masih jelas dalam ingatan saat muncul berita yang sangat viral, seorang fresh graduate menolak gaji yang ditawarkan sebesar 8 juta/bulan.
Penyebabnya karena sang calon karyawan ini merasa tawaran gaji tidak sesuai, karena berasal dari lulusan perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia.
Disini yang saya mau bahas bukan peristiwa tersebut.
Tetapi mengenai orientasi seseorang dalam mencari pekerjaan dan ketika bekerja.
Beruntung..,meski latar pendidikan saya berasal dari universitas islam yang notabenenya jurusan yang diambil pun seputar agama islam.
Namun semua pengalaman kerja saya berbeda jauh dari apa yang saya pelajari di bangku kuliah.
Mulai dari mengajar bidang studi multimedia & komputer di sekolah, admin, asisten manager di kantor agency kartu kredit, seorang sales penjualan di kantor periklanan digital, hingga bergabung di perusahaan startup.
Boleh dikatakan modal pengetahuan dan pengalaman saya tidak ada sama sekali alias nol.
Semua dilakukan learning by doing.
Lalu bagaimana agar mudah mendapat pekerjaan ?
Berikut 3 (tiga) hal yang menjadi nilai penting :
1. Kejujuran
Hal pertama yang dinilai oleh rekruiter kepada calon pekerja pada saat wawancara.
Disinilah terlihat bagaimana kita menjawab poin-poin pertanyaan yang diajukan.
Biasanya tentang menceritakan profil diri, alasan melamar, pengetahuan singkat posisi yang dilamar, dan lain lain.
Jawaban yang kita berikan hendaknya tidak dibuat-buat, mengalirlah apa adanya.
Kita harus mengetahui persis apa yang menjadi kekurangan kita dan tekad ingin berkembang maju dengan kemauan untuk dibimbing dan belajar.
Lebih baik jujur mengakui bodoh, daripada mengaku pintar tapi zonk.
Sedangkan untuk kelebihan, hendaknya kita tidak menjadi pembual dengan bicara mengenai keistimewaan diri sendiri secara berlebihan.
Ini untuk menghindari anda terkesan sekedar omong besar.
Jawablah berdasarkan pendapat orang-orang yang pernah berinteraksi kepada anda.
Tentunya ini harus dilakukan sebelum anda melamar.
Mintalah review kepada orang-orang mengenai diri anda, kelemahan dan kelebihan.
2. Punya Integritas
Di dunia kerja banyak kita temui orang yang pintar dan punya kemampuan dengan skill tinggi.
Namun belum tentu punya integritas.
Kepercayaan itu sangat mahal harganya dan Komitmen sebagai harga mati.
Itulah yang akan menjadi value (nilai) anda.
Pegang teguh nilai prinsip kebenaran dan jalani secara konsisten.
Sikap ksatria akan terlihat dari seberapa besar keberanian untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah pernah kita katakan dan kerjakan.
3. Good Attitude
Kepintaran, skill, punya konektivitas luas, bisa dikalahkan dengan sebuah prilaku yang baik (good attitude).
Contoh seorang pekerja yang punya good attitude adalah rendah hati dengan selalu mau belajar, sopan berkomunikasi, menghormati dan menghargai tanpa pilih level jabatan, serta punya karakter jiwa melayani.
Banyak hal yang dapat menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar-benar bisa menjatuhkanmu, adalah sikapmu sendiri.
Bekerja bukan hanya sekedar selesainya job desk saja, ada hal-hal kemanusiaan yang harus ditumbuhkan agar tidak menjadi pribadi yang egois.
Punya kepedulian sosial, meletakkan telinga dan empati untuk membantu kebutuhan orang lain.
Tak perlu merasa ingin terlihat wibawa dengan ingin dianggap penting dan disegani, tetapi jadilah yang bisa bermanfaat.
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.
Kejujuran, integritas dan kepribadian baik adalah sesuatu yang mulai langka di jaman sekarang ini.
Jadikan itu sebagai modal dan yakinlah kesuksesan akan datang dengan sendirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar