Kenapa Indonesia Memilih China untuk Membangun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Kenapa Indonesia Memilih China untuk Membangun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

99judiqq


99judiqq - Proyek kereta api cepat ini akan memberikan banyak manfaat, seperti dapat memacu perkembangan wilayah dan munculnya titik-titik ekonomi baru serta dapat menjadi kebanggaan nasional.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini memiliki panjang kurang lebih 142,3 km dengan empat stasiun pemberhentian, yaitu Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.
Jalur kereta cepat ini nantinya dibangun melayang di atas jalan toll dan terowongan.

Dalam proses pembangunan kereta cepat ini, China dan Jepang bersaing untuk menjalan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Pada akhirnya pemerintah Indonesia memilih China untuk menjadi partner dalam menjalan proyek ini. 

Pada  proposal penawaran,  Jepang menawarkan pinjaman proyek dengan masa waktu 40 tahun dengan bunga hanya 0,1% per tahun dan masa tenggang 10 tahun, padahal sebelumnya bunga yang ditawarkan Jepang sampai 0,5% per tahun.


Sedangkan, proposal China menawarkan pinjaman dengan bunga lebih tinggi, namun jangka waktu lebih panjang yakni pinjaman sebesar US$ 5,5 miliar, jangka waktu 50 tahun dan tingkat bunga 2% per tahun.

Selain itu juga usulan yang diajukan oleh Jepang dianggap terlalu berat karena menggunakan mekanisme Public Private Partnership yang pembagiaan pembiayaan terdiri dari 10% swasta, 74% ditanggung BUMN khusus, dan 16% ditanggung oleh pemerintah sedangkan usulan dari China menggunakan skema pembiayaan Business to Business antara BUMN Sinergi dan KCIC, dengan skema pembiayaan Business to Business ini dinilai lebih layak karena tidak menggunakan dana APBN.

Pemerintah berpikir panjang untuk siapa yang akan menjadi partner dalam menjalankan proyek ini.
Walaupun bunga yang ditawarkan China lebih tinggi dibandingkan Jepang, tetapi waktu yang ditawarkan China dalam masa operasi kereta api ini lebih panjang dibandingkan pihak Jepang.

Selain itu juga pihak Jepang tidak mau melakukan proyek ini apabila tidak ada jaminan dari pemerintah , sudah ditekankan oleh pemerintah Indonesia bahwa proyek ini sama sekali tidak menggunakan dana APBN. Sementara China siap menjalankan proyek ini tanpa ada jaminan dari pemerintah denga menggunakan skema Business to Business tadi.

Posisi China yang strategis dapat dilihat dari keterlibatan China dalam isu dunia. 
Hal  ini  terbukti  dari  China  sebagai  satu-satunya  negara  dari Benua Asia  yang  menjadi  salah  satu  dari  lima  anggota  tetap  Dewan  Keamanan  PBB.
Seperti yang telah diketahui, anggota tetap Dewan Keamanan PBB memiliki hak veto  yang  merupakan  hak  yang  dapat  membatalkan  atau menggagalkan  suatu keputusan,  ketetapan,  rancangan  peraturan  dan  undang-undang  atau  resolusi.

Posisi China dalam Dewan Keamanan PBB tersebut, secara tidak langsung  menegaskan  bahwa   China  memiliki  pengaruh  atau  peran  yang cukup besar dalam dunia internasional.
Kemudian, posisi strategis China juga dapat  dilihat  dari  tingkat  pertumbuhan  GDP  China  dari  tahun  ke  tahun .

Pertumbuhan  GDP  China  sejak  tahun  2011  hingga  tahun  2017 yaitu   sekitar   6%   hingga   9.5%. 
Angka   tersebut   jika   dibandingkan   dengan pertumbuhan   GDP   Jepang   yang   berkisar   antara   angka   -0,1%   hingga   2%, terbilang   cukup   jauh (Kurniawati, 2018).

Pemilihan  China  sebagai  mitra  strategis  dalam  pengerjaan  proyek  kereta cepat  Jakarta–Bandung  dapat  dikatakan  pemilihan  yang  dapat  dikatakan  tepat untuk  menyeimbangkan  pengaruh  atau  dominasi  Jepang  dalam  perekonomian Indonesia.

Hal ini dikarenakan, dalam perkembangan kereta cepat, dapat dilihat sendiri bahwa teknologi yang diusung dalam kereta cepat buatan China, tidak jauh  berbeda  dengan kereta buatan Jepang,  ditambah  dengan penawaran biaya total  proyek  yang  lebih  murah.
Hal  inilah  yang  kemudian membuat China   dapat   dikatakan   merupakan   mitra   strategis   yang   dapat membantu mengurangi dominasi Jepang dalam perekonomian Indonesia (Kurniawati, 2018).

Sebagai langkah awal pelaksanaan proyek kereta cepat ini pada tanggal 2 Oktober 2015 PT WIKA bersama dengan tiga BUMN lainnya mendirikan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dengan komposisi pemegang saham dan permodalan sebagai berikut (Yamin, 2018).

Kemudian pada tanggal 16 Oktober 2015, PSBI menandatangani Joint Venture Agreement (JVA) dengan China Railway International Co.Ltd, untuk membentuk perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang bernama PT.Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Struktur permodalan KCIC yang telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-022202.AH.01. Tahun 2016 tanggal 19 Februari 2016 (Yamin, 2018).

PT KCIC akan melaksanakan penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat (high speed railway atau HSR) antara Jakarta dan Bandung dengan nilai proyek sebesar US$ 5,135 miliar atau setara dengan Rp. 70.8Triliun yang akan dibiayai dengan dana yang berasal dari setoran modal sebesar 25 persen dari pemegang saham KCIC dan sisanya sebesar 75 persen akan dibiayai dari pinjaman perbankan dan lembaga keuangan lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri.

PT KCIC sendiri telah mendapatkan penetapan trase jalur kereta cepat antara Jakarta dan Bandung lintas Halim-Tegal Luar pada tanggal 12 Januari 2016 dan penetapan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai badan usaha penyelenggara prasarana kereta api cepat antara Jakarta dan Bandung pada tanggal 15 Januari 2016 dari menteri perhubungan serta izin lingkungan kegiatan pembangunan jalan kereta cepat sepanjang Jakarta-Bandung sekitar lebih kurang 142,3 Km pada tanggal 20 Januari 2016 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Pada tanggal 21 Januari 2016 PT KCIC juga telah melakukan ground Breaking oleh Presiden Joko Widodo, kemudian pada tanggal 16 Maret 2016 PT KCIC telah menandatangani perjanjian konsesi atau perjanjian kerjasama tentang penyelenggaraan perekretaapian umum kereta cepat Jakarta-Bandung antara PT KCIC dengan Kementerian Perhubungan  (Yamin, 2018).     

Strategi pembiayaan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam menjalankan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan strategi PINA (Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah).

PINA ini merupakan strategi pembiayaan yang menggalang sumber-sumber pembiayaan alternatif agar dapat digunakan untuk berkontribusi dalam pembiayaan proyek infrastruktur strategis nasional di mana  proyek kereta cepat ini merupakan salah satu proyek startegis nasional menurut  Peraturan Presiden Republik Indonesia No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional yang mempunyai nilai komersial dan berdampak untuk meningkatkan perekonomian.

PINA ini penting untuk dilakukan sebab ruang fiskal anggaran pemerintah sangat terbatas akibat adanya pembatasan lebar defisit anggaran.
Kebutuhan investasi inrastruktur sangatlah besar sehingga anggaran pemerintah difokuskan untuk infrastruktur yang tidak dikelola secara komersial (filling the gap).

Pembangunan infraastruktur ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia dengan dilaksanakan tanpa menggunakan anggaran pemerintah.
Strategi PINA ini melengkapi strategi KPBU sebagai alternatif dalam pembiayaan infrastruktur.
Share:

Diet Tanpa Rasa Lapar, Diet Makanan Mentah

Sayuran Mana yang Lebih Sehat Dimakan Mentah, dan Mana yang Lebih Sehat Dimasak?
99judiqq

99judiqq - Pernah mendengar diet makanan mentah ? memang diet yang satu ini belum begitu populer dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia.
Kenapa diet pula harus mengkomsumsi makanan mentah, apa rasanya!

Berdasarkan Buku Khasiat Makanan Mentah / Raw Food Diet terbitan Gramedia Pustaka Utama yang ditulis oleh Made Astawan dan Andreas Leomitro Kasih, diet ini menjunjung tinggi pola makan back to nature.
Hal ini yang membedakan dengan diet pola makan lainnya.

Selain itu keunggulan pola makan ini adalah bebas dari rasa lapar yang berbeda dirasakan oleh diet pola makan lainnya.
Pola makan akan diarahkan kembali kea lam. Diharapkan hidup akan menjadi lebih sehat tetapi tidak menyiksa diri.

Seseorang baru bisa dikatakan mengikuti diet makanan mentah bila 75 persen menu makanannya dalam sehari terdiri atas makanan mentah.
Jadi tidak semua makanan dalam menu harus makanan mentah.
Tujuan utama dari diet makanan mentah adalah menyuplai zat gizi yang bersifat membantu kerja sel-sel dalam tubuh dalam bentuk sealami mungkin.


Makanan mentah yang dimaksudd disini adalah makanan yang benar-benar mentah, yaitu tidak mengalami proses, pengolahan, pemasakan atau proses pemanasan lainnya.
Selain itu, makanan mentah juga tidak boleh disantap bersama bumbu-bumbu yang sudah mengalami pengolahan, misalnya mayones atau saos tomat.

Makanan yang dikalengkan atau dikemas dalam botol, dipanaskan, diberi bahan pengawet, pewarna atau pemanis, jelas tidak masuk dalam kategori makanan mentah.
Hal lainnya juga tidak boleh mengalami pemasakan pada suhu diatas 48 deracat celcius.

Makanan mentah sebelum dikomsumsi wajib dicuci terlebih dahulu, tapi pencucian bahan makanan dengan menggunakan air panas (blanching) juga tidak boleh dilakukan.
Pencucian bahan makanan hanya boleh dilakukan dengan menggunakan air pada suhu ruang.

Kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada diet makanan mentah.
Penggunaan air yang tidak steril dapat meningkatkan risiko munculnya racun atau parasit dalam makanan dan berpotensi menyebabkan penyakit.

Sebagai salah satu komponen yang berperan dalam pemrosesan hidangan pada raw food diet (seperti untuk membuat smoothies dan jus) maka air yang sudah difilter atau didistilasi merupakan pilihan yang terbaik.

Dr.James Hwang dan Mi Hyung Park dalam bukunya The Raw Food revolution menyatakan bahwa makanan yang dikomsumsi dalam pola diet makanan mentah hanya memasukkan sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji gandum yang belum disosoh.

Natalie Rose dalam bukunya Raw Food Detox Diet mengemukakan bahwa makanan yang boleh dimakan dalam pola diet makanan mentah antara lain:
Buah-buahan, seperti avokad, ubi jalar, kacang-kacangan, buah yang dikeringkan, sirop sari buah, jus buah, anggur dan produk-produk fermentasi lainnya, seperti temped an tape, telur, serealia dan pasta sereal, es krim mentah, produk susu, terutama susu kambing mentah (tanpa sterilisasi), cokelat mentah, ikan mentah, daging organic mentah, roti gandum mentah, miso atau tahu mentah, saus kedelai mentah, mentega organic dank rim, serta santan kelapa mentah.

Apa yang diharapkan dari diet makanan mentah adalah menutrisi tubuh dengan enzim-enzim alami yang terdapat dalam makanan.
Adanya enzim alami ini membuat tubuh kita tidak perlu memproduksi enzim berlebihan hanya untuk mencerna makanan.

Pengolahan makanan menggunakan panas dapat mengurangi nilai gizi suatu makanan karena hilangnya sebagian besar vitamin dan mineral.
Makanan yang diolah juga cenderung memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat menyumbat saluran pencernaan dan pembuluh arteri Anda dengan lemak, protein, dan karbohidrat yang dicerna secara kurang sempurna.

Selain itu raw food diet juga diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit, meningkatkan efektivitas kerja sistem pencernaan, menurunkan berat badan, menurunnya risiko Anda menderita penyakit degeneratif terutama penyakit yang berhubungan dengan kesehatan kardiovaskular.

Kebiasaan makan makanan mentah ini sudah mulai makin banyak dipraktekkan oleh selebrity Hollywood.
Mereka menerapkan Raw Food Diet ini untuk menjaga tubuh tetap langsing, sehat dan bugar tetapi tidak kelaparan.

Menerapkan pola makan makanan mentah dipercaya dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan menarik, tubuh lebih sehat, lebih berenergi, stamina meningkat, serta bau badan dan bau mulut hilang.
Jadi, sebetulnya tidak ada alasan untuk tidak mencoba diet makanan mentah ini.

Untuk menerapkan diet makanan mentah ini sebaiknya Anda berkonsultasi ke ahli gizi agar dapat diberikan konsultasi mengenai pengaturan makan makanan mentah ini.
Karena bukan tanpa risiko, bila Anda menjalani tanpa pengawasan ahli gizi dapat berisiko defisiensi vitamin B12, osteoporosis dan keracunan makanan (cara mengolah makanan mentah yang tidak tepat).
Share:

Ketika Racun Laba-laba Mematikan Jadi Penyelamatan Nyawa Penderita Stroke

Ilustrasi stroke
99JudiQQ

Pakar biokimia di Australia mengatakan racun laba-laba yang berbahaya dapat memberikan kesempatan hidup lebih baik bagi pasien penderita stroke.

Mereka menemukan bahwa neurotoxin pada laba-laba di Pulau Fraser mengandung molekul yang dapat menghambat efek stroke di otak. Gigitan seekor laba-laba yang berasal dari Pulau Fraser itu dapat membunuh orang dalam 15 menit.

Meski begitu, racun itu juga dapat menyelamatkan nyawa dan telah digunakan untuk mengembangkan obat-obatan guna mencegah kerusakan otak.

Para ilmuwan mengatakan racun itu dapat mematikan jalur yang memicu matinya sel-sel di otak pasca-stroke. Ilmuwan di Universitas Queensland yakin ini adalah terobosan yang dapat melindungi pasien stroke ketika dibawa ke rumah sakit.

Dokter sering mengungkapkan tentang "jendela" atau masa waktu sangat penting sekitar 4,5 jam untuk memberi perawatan dan obat yang tepat pada pasien stroke. Mereka yang tinggal jauh dari rumah sakit dapat menghadapi konsekuensi sangat buruk.

Tim peneliti itu yakin obat-obatan yang dikembangkan dari racun laba-laba ini dapat diberikan segera oleh paramedis, dan melindungi pasien dari kerusakan otak lebih jauh pasca stroke.

Kepala tim ilmuwan ini, Profesor Glenn King, mengatakan, "Ternyata ada saluran ion yang kecil di bagian syaraf yang disebut sebagai saluran ion penginderaan asam, yang dapat melacak penurunan PH asam di dalam otak.

Saluran ini menghidupkan dan mematikan jalur sel kematian karena beberapa alasan yang tidak kita pahami dan jaringan syaraf mulai mati."

Laba-laba unik ini hidup di Pulau Fraser, di negara bagian Queensland, Australia. Ia hidup di sarang-sarang di bawah tanah dan pasir.

Masih perlu uji klinis lebih jauh untuk memastikan racun laba-laba ini, tetapi tim itu mengatakan eksperimen dengan tikus terbukti berhasil.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan stroke adalah pemicu kematian kedua terbesar di dunia, dan penyebab utama ketiga yang menimbulkan kecacatan.
Share:

Banjir Kiriman di Pasar Minggu

Banjir di Jalan Rukun Ujung, RT 05/05 Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan Karena Luapan Kali Ciliwung, Rabu (24/4/2019)
99JudiQQ

Banjir di Jalan Rukun Ujung, RT 05/05 Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan terjadi karena luapan Kali Ciliwung, Rabu (24/4/2019) pagi.

Adapun luapan Kali Ciliwung disebut akibat air kiriman dari Bendung Katulampa. Sujarno, sekretaris RT 05/05 mengatakan, kondisi bendungan Katulampa saat itu mencapai status siaga dua.

Dia mengatakan, kondisi bendungan Katulampa pada Selasa (23/4/2019) kemarin setinggi 170 atau siaga 2 saat pukul 21.00.

Air pun menggenangi kawasan tersebut sekitar pukul 05.00 atau setelah Subuh. Dia mengatakan, ketinggian ari tadi pagi mencapai kurang lebih satu meter.

Akibatnya sebanyak 41 KK terkena dampak dari banjir tersebut. Namun, banyak dari warga yang tidak memilih mengungsi, melainkan tetap berada di rumah masing-masing.

"Kebetulan ini banjir tidak terlalu dalam dan warga juga banyak yang tidak mengungsi. Mereka evakuasi ke rumah tetangga yang agak tinggi. Banyak juga yang naik ke lantai dua karena rumahnya tingkat," terangnya.

Banjir tersebut tidak berlangsung lama. Menjelang pukul 09.00, kata dia, genangan makin lama makin surut.

Dari pantauan Kompas.com pukul 10.59, warga dan PPSU tengah membersihkan rumah dari lumpur. Beberapa warga juga terlihat tengah mengemasi barang barang perabotan yang sempat dipindahkan dari rumah karena banjir.

Share:

Ketika Tenaga Medis Kecewa: Indonesia Terserah!

Ketika Tenaga Medis Kecewa: Indonesia Terserah!
99judiqq

99judiqq - Terlihat sejak Jumat hingga hari ini, Senin (18/05), tagar #IndonesiaTerserah masih jadi yang terpopuler di Media Sosial.
Tagar tersebut dibuat atas bentuk protes para tenaga medis terhadap pemerintah dan masyarakat.

Jika melihat linimassa Twitter, tagar"Indonesia Terserah" menjadi puncak kekesalan setelah adanya penumpukan penumpang yang mengabaikan jarak sosial di Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 setelah dioperasikannya transportasi umum.

Tentu tidak hanya itu, masih banyak video-video yang merekam bagaimana ketika masyarat tahu adanya wacana relaksasi PSBB, maka banyak tak disiplin dengan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Apakah tagar tersebut jadi tanda banyak para tenaga medis kecewa? Atau, ini sebagai bentuk kekecewaan semata dari tenaga medis untuk Pemerintah dan masyarakat yang semakin tidak patuh?
Apa yang akan di lakukan oleh pemerintah Ketika tenaga para medis sudah kecewa dengan sikap Indonesia terserah seperti sekarang isi?.
Share:

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru